SELAMAT DATANG DI BLOG ABDUL HALIM SOLKAN

Semoga segala yang penulis atau blogger tampilkan dapat bermanfaat!

Wednesday 29 December 2010

Maksimalkan Potensi Tersembunyi

Dalam diri manusia terdapat organ yang memiliki fungsi vital. Organ ini namanya otak. Otak merupakan sumber dari segala gerak yang dilakukan manusia.
Berdasarkan aspek kesadarannya, otak dibagi menjadi dua bagian. Terdiri dari otak sadar dan otak bawah sadar. Otak sadar memiliki empat fungsi utama, yaitu mengidentifikasi informasi yang masuk, membandingkan, menganalisis dan memutuskan. Sedang otak bawah sadar memiliki fungsi menyimpan seluruh pengalaman yang pernah dialami si empunya otak, mengatur pergerakan tubuh yang bergerak tanpa kita sadari dan sebagai gudang penyimpanan informasi.
Disebut otak bawah sadar bukan berarti tanpa adanya kesadaran dalam otak, malah justru sebaliknya, otak bawah sadar memiliki kemampuan tujuh kali lebih kuat dibanding kemampuan otak sadar, hanya otak sadar tidak menyadari kinerja otak bawah sadar, karena itu otak yang memiliki sifat universal ini disebut otak bawah sadar.
Pada Otak bawah sadar inilah tersimpan semua pengalaman hidup dan citra diri seseorang. Dia mengontrol seluruh pergerakan yang dilakukan seseorang, dari hal yang tidak disadari atau yang sudah menjadi kebiasaan dan hal-hal yang berkaitan dengan out-put seseorang. Karena sumber dari semua aktifitas tersimpan di otak bawah sadar. Otak bawah sadar menyimpan segala macam pengalaman yang pernah dilampaui seseorang. Potensi otak bawah sadar ini memiliki 88% dari seluruh kemampuan otak, sedang yang 12% adalah seluruh daya potensi otak sadar dalam memaksimalkan seluruh kemampuan otak.
Dari penelitian yang dilakukan oleh Milton Erickson (seorang Maestro hypnotherapy) menyebutkan bahwa orang kebanyakan hanya mampu menggunakan kemampuan otaknya pada kisaran di bawah 10% dan penemuaan terbanyak manusia menggunakan potensi otaknya di bawah 5% dari seluruh kemampuan otak. Lalu kemana potensi yang 90% ? Sisa yang besar itu adalah untuk dicari dan digali.
Kemampuan otak bawah sadar merupakan kemampuan yang belum digunakan, sedang kemampuannya tujuh kali lipat dibanding otak sadar, maka kemampuan tersembunyi tersebut harus kita gali. Bagaimana cara menembus otak bawah sadar? Caranya adalah membawa diri kita dalam suasana rileks, nyaman dan penuh kedamaian. Di saat kondisi sperti itu, seseorang disebut dalam kondisi alpha, disaat itu juga seseorang telah ada di alam bawah sadar. Pada kondisi tersebut seseorang dapat berbicara dengan dirinya sendiri (self-talk) untuk memprogram isi otak sesuai keinginannya sehingga seseorang dapat mencapai cita-citanya.
Yang perlu diketahui adalah bahwa pikiran bawah sadar tidak pernah mengetahui perbedaan antara imajinasi dengan kenyataan. Pikiran bawah sadar tidak pernah memiliki mekanisme untuk mengetahui hal-hal yang nyata ataupun yang bukan.
Karena pikiran bawah sadar memiliki empat hukum pasti, yaitu positif, kalimat saat ini (present tense), bersifat pribadi dan pengulangan. Jadi lakukanlah dengan keempat hukum tersebut saat memprogram pikiran bawah sadar. Sehingga kita dapat mencapai cita-cita lebih cepat dan lebih memuaskan serta dapat memanfaatkan otak yang begitu luar biasa kemampuannya dialam semesta ini.

No comments:

Post a Comment